Menyaring Konten Facebook News Feed

Pemilihan presiden semakin dekat. Facebook News Feed saya semakin hari semakin dipenuhi dengan status teman – teman yang mendukung pasangan Capres-Cawapres idolanya. Bahkan tidak jarang ada yang dengan terang – terangan (maaf) menjatuhkan pasangan lain dengan men-share link yang menyudutkan pihak – pihak tertentu.

Saya tidak akan membahas tentang pemilu presiden. Saya juga tidak akan mengomentari tentang black campaign dan semacamnya. Kali ini saya akan sharing tentang bagaimana menyaring konten pada Facebook News Feed sehingga kita dapat menentukan informasi seperti apa yang akan kita konsumsi. Sebagai contoh kasus, saya gunakan momentum pemilihan presiden ini. Bagaimana kita menyaring segala konten yang berhubungan dengan kampanye pemilihan presiden, berita capres-cawapres, partai politik, dsb. Berikut langkah – langkahnya.

Install Social Fixer. Social Fixer adalah sebuah perangkat lunak tambahan Penjelajah Web untuk menyaring konten pada Facebook News Feed berdasarkan kriteria yang bisa kita tetapkan sendiri. Kita bisa memperoleh perangkat lunak ini dengan gratis melalui website resmi Social Fixer. Perangkat lunak ini dapat digunakan di hampir semua Penjelajah Web terkenal seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Safari.

Tentukan Kriteria. Tujuan kita adalah untuk menyaring seluruh konten yang berhubungan dengan kampanye pemilihan presiden, berita tentang capres-cawapres, partai politik, dan sebagainya. Untuk itu, kita perlu membuat daftar kata – kata yang merepresentasikan konten – konten yang akan kita saring tersebut. Sebagai contoh, ini adalah daftar kata – kata yang saya gunakan:

/prabowo|Prabowo|PRABOWO|hatta|Hatta|HATTA|jokowi|Jokowi|JOKOWI|JK|Kalla|KALLA|capres|Capres|cawapres|Cawapres/i

Catatan: Pastikan daftar kata – kata tersebut diawali dengan garis miring (/) dan diakhiri dengan garis miring + i (/i). Setiap kata harus dipisahkan dengan dengan vertical bar (|).

Setelah terinstall, Social Fixer akan menambahkan menu pada bagian kanan atas Facebook anda. Klik pada menu tersebut, dan pilih Edit Social Fixer Options. Pada bagian Filtering, copy dan paste daftar kata – kata yang telah kita buat sebelumnya kedalam kolom Matching Text. Centang opsi Hide pada kolom Action. Terakhir, klik Save dan refresh Internet Browser.

Tampilan Social Fixer

Tampilan Social Fixer

Selain kata – kata di atas, kita juga masih bisa menambahkan kata – kata lain, misalkan kita bisa memasukkan semua nama partai politik. Kita juga bisa menambahkan kriteria penyaringan konten yang berasal dari website tertentu. Sehingga nantinya News Feed kita hanya akan menampilkan informasi yang akan kita konsumsi saja.

Berikut adalah tampilan News Feed Facebook saya setelah menggunakan Social Fixer. Seluruh konten yang berhubungan dengan kampanye pemilihan calon presiden tidak akan dimunculkan.

Tampilan Facebook News Feed

Tampilan Facebook News Feed

Tulisan ini saya buat atas dasar keprihatinan saya melihat News Feed Facebook saya yang semakin hari semakin penuh dengan konten negatif saling serang antar pendukung capres-cawapres. Bahkan yang lebih menyedihkan adalah banyak yang saling membuka kejelekan orang lain yang (mungkin) hal tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya. Kita masih bisa mendapatkan berita tentang pemilu presiden melalui media lain selain Facebook (KPU misalnya, yang seharusnya independen).

Terinspirasi dari Lifehacker.

Iklan

2 thoughts on “Menyaring Konten Facebook News Feed

  1. Terima kasih sudah mampir mas. Memang agak menganggu jika konten – konten tersebut sudah mengarah ke konten negative, menjelek – jelekkan pihak lain.

    Semoga tips sederhana ini membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s