Deteksi Salient Region dengan Metode Saliency Filters Berbasis Kontras

Beberapa waktu lalu saya menulis kode untuk mendeteksi salient region pada sebuah gambar. Salient region adalah area yang paling mencolok dalam sebuah gambar. Kita dapat memanfaatkan salient region ini untuk melakukan pemrosesan gambar lebih lanjut, antara lain untuk mendeteksi objek, atau menghilangkan background dari gambar.

Telah banyak penelitian yang dilakukan untuk menemukan metode mendeteksi salient region yang efektif (dari sisi akurasi) dan efisien (dari sisi waktu eksekusi program dan penggunaan sumber daya). Salah satunya dikenal dengan nama Saliency Filters. Metode ini terdiri dari 4 langkah utama, yaitu:

  1. Abstraction.
    Pada tahap ini gambar ditransformasikan ke bentuk kumpulan region atau superpixels, yang lebih sederhana dan homogen, tetapi tetap menjaga susunan komposisi gambar.
  2. Element Uniqueness
    Berikutnya, dihitung nilai uniqueness dari masing-masing region dengan membandingkan nilai contrast suatu region dengan region lainnya. Metode ini berlandaskan pada asumsi bahwa region yang mencolok (salient region), memiliki tingkat keunikan yang tinggi.
  3. Element Distribution
    Selanjutnya, dihitung rasio persebaran warna di masing-masing region terhadap keseluruhan region. Nilai persebaran ini berbanding terbalik dengan nilai kemungkinan suatu region merupakan salient region.
  4. Saliency Assignment
    Langkah terakhir adalah menghitung nilai saliency masing-masing region dengan menggunakan gabungan dari dua nilai sebelumnya (uniqueness dan distribution). Semakin tinggi nilai saliency suatu region, maka semakin tinggi pula nilai kemungkinan region tersebut merupakan salient region.

Untuk penjelasan yang lebih detail tentang metode Saliency Filters ini, dapat membaca paper pada tautan berikut. Sedangkan source code nya bisa dilihat di laman Github.

 

Referensi:

Saliency Filters, https://graphics.ethz.ch/~perazzif/saliency_filters/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s